Sumpah Pemuda Bagi Generasi Millenial

Sumpah Pemuda Bagi Generasi Millenial

    Pada tanggal 28 Oktober 2019 besok diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda di Indonesia. Sebagai anak muda Bangsa Indonesia gimana nih temen-temen? Di era millenial seperti sekarang ini memang membuat anak muda zaman sekarang sangat berbeda dengan anak muda pada zaman sebelum kemerdekaan dulu. Anak zaman sekarang yang sudah sangat bersahabat dengan teknologi canggih saat ini lebih suka untuk asyik dengan hidup dan dunianya sendiri, berbeda dengan pemuda zaman dahulu yang mampu mencatat perjuangannya hingga menjadi hari yang sampai sekarang dikenang oleh sejarah. Eits tapi bukan berarti pemuda zaman now tidak mampu membuat prestasi atau aksi ya untuk Bangsa Indonesia.

    Belum lama ini, dalam aksi demo pengesahan RUU banyak sekali pemuda Indonesia bersatu untuk menyuarakan kemauan dan keinginannya demi kebaikan Bangsa Indonesia. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa pemuda millenial masih memiliki keperdulian dengan Bangsanya seperti pemuda di zaman sebelum kemerdekaan dulu dalam memperjuangkan kehendaknya. Dan kemajuan teknologi yang sangat pesat juga tidak bisa kita hindari begitu saja. Karena dengan ini nantinya anak-anak muda yang sudah sangat familiar dengan teknologi dapat ikut berkontribusi untuk membangun Bangsa tetapi dengan cara mereka masing-masing. Kemudahan dalam mengakses internet seperti social media akan membuka peluang-peluang baru dalam bidang bisnis misalnya transaksi jual beli online, media influencer, atau content creator yang mana bidang tersebut sangat digemari oleh para pemuda millenial.

    Dalam bidang ekonomi, generasi milenial memunculkan potensi dirinya sebagai interpreneur. Generasi milenial juga mulai sadar akan kelemahan diri yang harus diperbaiki dan potensi diri yang harus dikembangkan karena mereka sadar bahwa diluar sana banyak pemuda yang mempunyai potensi yang tidak kalah hebat dari dirinya sehingga terbangun jiwa kompetitif dalam berfikir dan bertindak. Didukung dengan teknologi digital yang mereka manfaatkan untuk menggali informasi sekaligus memperluas partnership dalam membangun sebuah bidang usaha. (Credit : UMM)

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berpandangan bahwa berbeda memaknai sumpah pemuda di zaman sebelum kemerdekaan. "Kalau dulu berjuang semuanya untuk satu Indonesia. Sekarang anak-anak muda ini diberi kesempatan untuk lebih luas untuk menjadi ekosistem dari perkembangan ekonomi digital menjadi startup," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara kepada Okezone.com. (Credit : Okenews) Sekarang juga banyak sekali diciptakan startup di Indonesia dan pendirinya kebanyakan adalah anak-anak millenial. Meskipun tingkat kegagalan start up masih sangat tinggi, tetapi mereka akan selalu berusaha menemukan solusi dan inovasi untuk dapat mengembangkannya karena mereka para pemuda millenial ini sedang bekerja dengan bidang yang memang mereka gemari atau bisa dikatakan sedang asyik dengan dunia yang mereka sukai.

    Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan dan permasalahan baru bagi generasi milenial, mereka harus tetap menjaga semangat Sumpah Pemuda sebagai roh perjuangan yang pernah diikrarkan oleh pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 yang mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, Bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Semangat para pemuda-pemuda Indonesia!