LIVERPOOL VS MANCHESTER UNITED: Simbol Rivalitas Antarkota Dunia

LIVERPOOL VS MANCHESTER UNITED: Simbol Rivalitas Antarkota Dunia

Dalam sebuah negara, pasti ada dua kota yang saling berseteru dan menghadirkan atmosfir menegangkan jika berjumpa di sepakbola. Digelarnya pertandingan tersebut terkadang sampai harus menyiapkan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena antusias supporter masing-masing tim sulit dikendalikan.

Kita mengenal di Indonesia ada Persija Jakarta vs Persib Bandung sebagai derby Indonesia terpanas baik di dalam maupun luar lapangan. Paling terkenal juga ada derby Spanyol yang biasa disebut El Clasico antara Barcelona menantang Real Madrid. Di Amerika latin, tepatnya Argentina pun ada Boca Juniors melawan River Plate. Kesemua laga baik itu Persija vs Persib, Barcelona vs Real Madrid, dan Boca Junior vs River Plate pasti mendapat sorotan dunia terutama siaran televisi.

Rivaitas Dua Kota Pelabuhan Inggris

Malam nanti akan terhelat derby terpanas di dunia yaitu Liverpool dan Manchester United. Rivalitas kedua klub ini bisa dibilang merupakan rivalitas tertua dan terpanas yang pernah ada. Sama-sama dari dua kota maju di Inggris, Merseyside (Liverpool) sebagai kota pelabuhan dan Manchester (United) sebagai kota industri, kedua klub ini merupakan klub tersukses di Inggris jika dilihat dari sejarah maupun pencapaian trofi.

Liverpool berhasil menjuarai 5 titel Liga Champions sedangkan United 3. Sebaliknya, Setan Merah menjadi paling sukses di Inggris dengan 20 trofi Liga Inggris sedangkan Anfield Gank 18 kali.

Pada Selasa, 18 Oktober 2016, Liverpool dan Manchester United akan saling baku hantam di Anfield yang bertajuk nortwest derby. Mereka hanya berjarak tiga poin dengan Liverpool telah mengumpulkan 16 poin di peringkat 3 dan MU 4 strip di bawahnya. Pertandingan klasik ini akan disiarkan langsung di RCTI pukul 02.00 WIB (sumber: Kompas.com).

Adu Taktik Dua Pelatih

Selain panas karena sejarah titel juara dan peringkat, rivalitas dini hari nanti juga akan menyajikan pertarungan dua pelatih hebat. The Reds Liverpool dilatih “The Normal One”, Jurgen Klopp dari Jerman. Sedangan The Reds Devil diasuh oleh sang flamboyan “The Special One”, Jose Mourinho dari Portugal.

Kedua pelatih ini dikenal dengan sikap meledak-ledak di tepi lapangan. Selain itu strategi yang diusung pun dikenal cerdik dan mematikan. Pertemuan terakhir kedua pelatih itu dimenangkan Klopp kala membawa Coutinho Cs memecundangi Chelsea di Stamford Bridge 1-3. Kemenangan Klopp atas Mou tersebut juga dikenal sebagai kemenangan Klopp pertama di Liga Premier.

Pertemuan pertama kedua pelatih di derby Inggris ini pun bakal dinanti-nanti. Pasalnya strategi Klopp yang dikenal dengan gegenpressing serta counter attack cepat yang dikomandoi Philippe Coutinho akan coba diantitesis oleh Mou yang dikenal suka bermain pragmatis. Namun Mou tetaplah Mou, tidak ada yang bisa menebak dia akan memainkan sepakbola bertahan atau menyerang. Yang jelas Mou merupakan pelatih yang jenius dan mampu mengubah taktik setelah membaca permainan lawan di babak pertama.

Prediksi Starting XI

Mencuat kabar bahwa Rooney akan dipasang Mou malam nanti. Pada dua pertandingan sebelumnya, kapten Inggris tersebut dicadangkan Mou. Pengalaman dan kepemimpinannya akan sangat dibutuhkan di laga panas nanti. Selain Rooney, Mou kemungkinan besar akan akan memasang dua gelandang jangkar yaitu pemain termahal dunia, Pogba, yang biasanya akan diduetkan dengan Herrera. Mereka akan berdiri di belakang Rooney ataupun Mata mengantisipasi serangan kilat dari Coutinho dan Sadio Mane.

Ujung tombak akan tetap diberikan pada Zlatan Ibrahimovic yang kemungkinan akan didampingi oleh Rushford dan Lingard. Bola-bola udara yang menjadi kelemahan Liverpool akan coba dimanfaatkan MU dengan adanya Zlatan di kotak penalti lawan.

Di kubu tuan rumah, dua pilar lini tengah diragukan absen. Lallana dan Wijnaldum belum dipastikan bisa turun atau tidak. Opsi Emre Can emndampingi kapten Hendarson dan menarik Coutinho ke belakang mungkin akan dipilih Klopp.

Di depan kemungkinan besar Sturridge akan dipasang berduet dengan Firmino dikiri dan didampingi Mane di kanan. Jika Lallana dan Gini Wijnaldum hadir kemungkinan besar nama Firmino akan tetap jadi ujung tombak sebagai False 9.

Menarik ditunggu apakah Liverpool yang selalu kemasukan gol di setiap laga musim ini bisa mengamankan tiga poin untuk berdiri bersama Manchester City dan Arsenal di puncak klasmen. Atau Red Devils yang akan menyamai poin Liverpool dan naik 3 strip.

Yang jelas partai derby Inggris akan selau tampil panas, banyak kartu, dan tensi pertandingan sangan tinggi. Kepemimpinan wasit Anthony Taylor pun akan selalu menjadi sorotan mengingat bagaimana dua tim ini akan jual beli serangan.

Prediksi Starting XI

Liverpool: 4-3-3

Karius (GK), Clyne, Lovren, Matip, Milner, Hendarson (C), Can, Coutinho, Mane, Firmino, dan Sturridge. Coach: Jurgen Klopp

Manchester United: 4-2-3-1

De Gea, Valencia, Bailly, Smalling, Blind, Pogba, Herrera, Rooney, Mata, Rushford, dan Ibrahimovic. Coach: Jose Mourinho.