Badminton Sumbangkan Emas Perdana di Olimpiade Rio 2016

Badminton Sumbangkan Emas Perdana di Olimpiade Rio 2016

Tepat di HUT RI ke-71, Indonesia Raya berkumandang di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil setelah Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir di final berhasil mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying dua set langsung (21-14 dan 21-12).

Kemenangan ini membawa Indonesia sementara naik ke posisi 36 dari posisi sebelumnya yaitu 59 dengan raihan 1 emas dan 2 perak. Untuk sementara Indonesia menjadi nomor 2 sebagai negara ASEAN setelah Thailand yang meraih 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu di Olimpiade Brasil.

Selama pertandingan, Owi dan Butet bermain sangat tenang. Sang pria kelahiran Banyumas kerap kali melancarkan smash-smash tajam ke pertahanan ganda Malaysia. Poin-poin pun tak jarang juga dihasilkan oleh permainan briliant dari Liliyana. Pasangan ranking 2 dunia ini pun mengakhiri laga sebagai juara tepat di tanggal 17 Agustus sebagai kado manis bagi Bangsa Indonesia. Mereka membuat pasangan nomor 13 dunia dari negeri Jiran gagal mempersembahkan emas pertama untuk negeranya.

Bonus besar dari Menpora, Imam Nahrowi, pun sudah menunggu bagi para peraih medali emas di Olimpiade Rio 2016. Politisi PKB tersebut menjanjikan Rp5 miliar. Selain itu, peraih medali di Olimpiade Brasil ini juga akan mendapatkan tunjangan hari tua sebesar Rp20 juta (untuk perak Rp15 juta dan perunggu Rp10 juta) perbulan sampai sang atlet meninggal dunia.

" Ini kebijakan baru. Sampai meninggal, mereka akan mendapatkannya," terang Imam. (Senin, 20 Juni 2016 dikutip dari Viva.co.id)

Selain dari Kementrian, bonus juga akan datang dari PBSI. Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berjanji memberikan bonus sebesar Rp1 miliar bagi atlet yang meraih medali emas Olimpiade Rio 2016. PBSI juga memberikan bonus buat peraih perak dan perunggu.  

" Kami akan mengapresiasi prestasi para pemain. Para juara akan mendapatkan bonus. Begitupula bagi para pelatih dan tim pendukung. Ini adalah penghargaan kami atas kerja keras mereka," kata Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan dalam situs resmi PBSI.

Total masing-masing Rp6 miliar lebih akan dikantongi Owi/Butet. Apresiasi semacam ini sudah sepatutnya atlet dapatkan. Baik itu bonus maupun tunjangan hari tua.

Selamat kepada Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir! Selamat kepada seluruh tim PBSI di Olimpiade Rio 2016! Selamat kepada seluruh Rakyat Indonesia! Dirgahayu Bangsaku! Kami cinta padamu!

Prestasi lain pasangan Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir:
Juara SEA Games 2011
Runner up Asian Games 2014
Juara Dunia 2013
Juara Asia 2015

Juara Super Series:
2016: Malaysia Terbuka
2014: Prancis Terbuka, Singapura Terbuka, All England
2013: China Terbuka, Singapura Terbuka, India Terbuka, All England
2012: India Terbuka, All England
2011: Singapura Terbuka, India Terbuka