HINDARI KESALAHAN INI, AGAR BERENANG BISA LEBIH FUN!

HINDARI KESALAHAN INI, AGAR BERENANG BISA LEBIH FUN!

Aktivitas olahraga adalah sebuah kebutuhan wajib bagi setiap individu. Berbagai macam metode olah fisik banyak memberi manfaat kesegaran dan kesehatan untuk tubuh. Sewajarnya, tubuh manusia memerlukan suplai energi baru dan pembakaran lemak agar keseimbangan tetap terjaga. Meminimalisir bakteri tidak baik yang akan merusak imunitas. Berbicara mengenai olahraga, siapa yang tidak kenal renang?

Berenang adalah salah satu aktivitas fisik didalam air yang bergerak tanpa menggunakan alat bantu. Bagi para pemula mungkin beberapa kali akan membutuhkan pelampung atau alat bantu lainnya agar dapat mengapung atau tidak tenggelam. Ada beberapa kejadian yang terkadang membuat kita enggan berenang, seperti hampir tenggelam karena kurang latihan pernafasan sebelumnya. Berikut ada tips menarik agar berenang bisa jadi olahraga rekreasional yang aman dan menyenangkan.

1. Perhatikan outfit ketika akan masuk kolam renang.

Beberapa orang menyepelekan penggunaan swimsuit yang sudah standar untuk berenang. Hal ini memang tidak berpengaruh signifikan, tapi akan membuat gerak tubuh tak nyaman ketika berada dalam air. Seyogyanya, gunakan pakaian renang yang memudahkan kita melakukan gerakan berenang bebas. Seperti, baju renang, celana renang, baju renang jilbab, dan lain sebagainya. Jangan memaksakan diri menggunakan celana kolor atau kaos oblong diluar peraturan kolam renang ya! Karena disamping tidak efisien, juga akan mengotori air kolam dengan ph yang sudah disesuaikan. Pun akan mengganggu kebersihan bagi pengguna kolam renang yang lain.

2. Safety first. Siapkan alat bantu untuk kenyamanan berenang.

Kacamata renang, pelampung, dan alat bantu pernafasan yang lain. Opsional bagi para perenang yang sudah terbiasa tanpa alat bantu apapun. Namun bagi pemula ini adalah perlengkapan yang musti dibawa. Jangan lupa juga gunakan sunblock, jika berenangnya ketika siang hari yang terik. Krim tersebut akan melindungi kulitmu dari bakaran sinar matahari.

3. Pemanasan dan tekhnik berenang.

Penting. Pemanasan serta tekhnik berpengaruh dalam berenang. Pastikan kamu sudah tau gaya apa yang akan kamu pilih ketika di dalam air. Tekhnik mengambil nafas dan mengapung ketika di air juga harus menjadi dasaran bagi setiap orang yang akan melakukan olahraga ini. Pemanasan sebentar dan atur nafas dengan benar, memperkecil resiko cedera atau tenggelam.

4. Give yourself time limit!

Beri batasan waktu dirimu sendiri, jangan sampai terlalu lama didalam kolam renang, kamu jadi masuk angin ya! Terlalu capai berenang juga akan berefek di tubuh yang harusnya fresh, malah akan letih dan tak bersemangat.

5. Lebih banyak konsumsi air mineral, konsumsi makanan yang cepat mengembalikan energi.

Meski olahraga satu ini di air, tapi kita juga butuh lebih banyak air pula. Karena memang ini adalah olahraga, maka ion dalam tubuh dan cairan yang kita keluarkan ketika berenang. Oleh karenanya, ganti dengan tenggukan air mineral dan makanan kaya serat, atau bisa dengan buah – buahan. Banyak yang salah kaprah setelah berenang malah makan mie instan dan segelas es sirup yang manis, hal ini malah akan membuat kita makin kelelahan ketika usai berenang.

Siapapun suka berenang dan bermain air, tapi harus tahu kondisi tubuh dan waktu yang tepat untuk berenang. Pun, berenang bisa jadi alternatif olahraga mengasyikkan bagi yang fokus membakar kalori dan membentuk otot tubuh. Bagi anak – anak, berenang juga bisa mendukung proses tumbuh kembang secara optimal.

Mari berenang dengan gembiraaa 😊

(end)