Langkah mudah agar sepatu tetap awet (How to preserve the look of your footwear)

Langkah mudah agar sepatu tetap awet (How to preserve the look of your footwear)

Sepatu atau alas kaki sejatinya dibuat untuk melindungi kaki dari benda – benda yang berbahaya. Baik dari segi kesehatan dan ataupun segi kenyamanan. Sepatu dewasa ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu. Baik berbentuk slop, sneakers, atau kets dll. Beberapa alas kaki tersebut terbuat dari berbagai macam komposisi bahan yang diakuisisi menjadi sebuah penutup kaki yang aman dan nyaman bagi si penggunanya.

Namun, ada beberapa sepatu yang butuh ‘perhatian khusus’ dalam maintenance-nya. Terperinci dari cara pencucian, seka dan simpan, dapat membuat sepatu akan lebih lama awet. Sepatu juga butuh tools yang mengerti ‘keadaan’nya ketika ia dibersihkan. Berikut sedikit tips agar sepatu kalian tetap cling meski sudah lama belinya *wink emoticon*

Step untuk sneakers:
1. Siapkan peralatan pembersihan sepatu kalian:

  • Sikat gigi bekas berbulu halus
  • Sikat cucian untuk penggosok noda yang agak susah hilang
  • Deterjen bisa cair bisa bubuk (lebih enak cair)
  • Air hangat secukupnya plus soda kue 1sdt ujungnya aja (khusus noda membandel yang nempel banget)
  • Handuk kecil
2. Mulai lepas satu persatu komponen sepatu; tali sepatu dan alas bagian dalam sepatu.
3. Ambil sikat gigi dan colek deterjen sedikit demi sedikit diatas sepatu yang telah dibasahi sebelumnya dengan air. Basahinnya ketika sudah terpisah ya dari semua komponen sepatunya! 😊
4. Mulai dari tali sepatu. Gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas dari ujung ke ujung. Pastikan tidak ada noda yang menempel.
5. Ulangi kembali di pasangan talinya sampai benar – benar bersih keduanya. 6. Bilas dengan air mengalir. Sisihkan.
7. Selanjutnya ambil alas dalam yang sudah dikeluarkan. Sebelum digosokkan, ambil deterjen usap diatas permukaannya, lalu gosok perlahan searah. Ulangi sampai kotoran terangkat. Terutama dibagian tumit. Biasanya lebih banyak kotoran membandel yang numpuk aduhai disitu hehe
8. Bilas dengan air, diulang kembali gosok sampai semua kotoran hilang. Pelan saja searah ya, guys!
9. Langkah terakhir adalah menggosok sepatunya. Start dari ujung – ujung yang susah dijangkau sikat cucian dengan sikat gigi bekas. Fungsi soda kue adalah mempermudah noda bandel terhapus dari kulit sepatu dan tidak merusak bahannya.
10. Bilas awal dengan air hangat hingga busa hilang selanjutnya air bersih yang mengalir.
11. Seka sepatu dengan handuk kecil sampe setengah kering berikut juga komponennya yang lain ya..
12. Jangan langsung jemur dibawah terik matahari ya. Cukup terkena sinar matahari dan angin – anginkan aja. Agar kering sempurna, pastikan sepatu sudah ter-lap seluruhnya dengan handuk kecil.
13. Setelah kering, simpan sepatu (jika tidak langsung digunakan) didalam storage yang terjaga kelembabannya. Jika terlalu lembab akan menyebabkan jamur berkembang biak. Hal ini juga menjadi salah satu faktor sepatu cepat rusak.
14. Bisa juga kalian semprotkan pewangi pakaian agar sepatu harum. Hal ini opsional ya guys.. bisa kalian skip 😊
15. Then, your shoes is stunning like new!

Step untuk pantofel, high heels, atau wedges (contoh bahan; Suede)
1. Siapkan sikat kecil khusus pembersih sepatu atau sikat gigi bekas yang bersih dan bulu sikat yang lembut
2. Semprotan pembersih bahan suede
3. Kapas secukupnya
4. Spons. Berfungsi untuk menyerap air berlebih agar cepat kering ketika proses penjemuran.
5. Air hangat dan deterjen cair yang tidak mengandung bahan kimia keras (biasanya digunakan pada pencucian Dry Cleaning)
6. Langkah pertama: teliti dulu noda yang ada di sepatu suede kamu. Kalo hanya sekedar untuk membersihkan, bisa dengan sikat kecil khusus pembersih sepatu atau sikat gigi bekas berbulu sikat lembut dan pembersih bahan suede saja. Akan tetapi perhatikan ventilasi udara ketika menggunakan pembersih suede ini. Diketahui beberapa bahannya bisa meledak jika ventilasi kurang tepat. Jangan lupa baca seksama penggunaan dan penerapannya pada sepatu suede kalian.
7. Namun kalo ada noda yang membuat tampilan sepatu suede kamu jadi kurang enak dipandang, percikkan air hangat diatasnya. Jangan diguyur ya. Kemudian celup kapas ke larutan deterjen cair yang sudah dicampur air agar tidak terlalu kental. Kapas yang sudah tercelup kemudian usapkan diatas permukaan sepatu suede kamu yang setengah basah tersebut.
8. Tetap dengan gerakan satu arah ya. Kenapa? Agar serat suede tetap bagus dan warna aslinya terjaga.
9. Setelah semua sudah tersapu kapas, percikkan ulang air hangat diatas permukaan sepatu suede tersebut. Tekan berulang dengan spons. Agar air terserap di spons dengan baik. Remas spons untuk mengeluarkan air yang terserap. Lakukan berulang hingga sepatu suede kamu setengah kering.
10. Jemur dibawah terik matahari atau sekedar di halaman belakang rumah yang cukup sinar matahari dan sepoi angin.
11. Last but not least, simpan sepatu suede kamu yang telah kering dalam box sepatu yang bersih dan kering ya...
12. Voilaaa... Sepatu Suede kamu akan terlihat kinclong dan siap menarik perhatian orang agar meliriknya! 😊

Merawat sepatu memang gampang – gampang susah. Asal kita tau apa jenis sepatu dan bahannya, next bersihin dan menjaganya agar tetap cantik pun mudah. Sedap dipandang apalagi yang make menunjang, duh.. *biggrin*

Banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat sebuah sepatu. Mulai dari canvas, rubber, pu leather, dan mesh pylon. Bahan – bahan tersebut ramah lingkungan, yang salah satunya juga digunakan oleh sepatu dari Ardiles *nahlo jadi promosi hehe. So far, jika kalian ingin sekali punya sepatu yang gak cuma kece waktu pertama kali beli, kalian juga harus mampu keep-in ‘mereka’ dengan baik ya.. dengan cara pencucian dan penyimpanan yang sesuai, sepatu kalian akan tetap keren maksimal. Be a positive affirmation person, guys!

(end)