OLAHRAGA RINGAN BAGI KALIAN YANG BERPERUT BUNCIT

OLAHRAGA RINGAN BAGI KALIAN YANG BERPERUT BUNCIT

Menjalankan gaya hidup sehat adalah sebuah pilhan terbaik yang dapat diambil selain berobat ke rumah sakit atau mengambil asuransi kesehatan. Selain pola makanan, kebiasaan olahraga, dan waktu istirahat, hidup sehat juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang bugar dan proporsional.

Salah satu kondisi tubuh yang kurang proporsional dan banyak terjadi di semua kalangan bahkan sekarang anak kecil adalah perut buncit. Selain mengganggu pemandangan, hahaha, perut buncit itu juga menimbulkan banyak resiko penyakit.

Dikutip dari nationalgeographic.co.id, lemak di sekitar perut merupakan jenis yang lebih berbahaya jika dibandingkan dengan lemak di area panggul dan lemak pada paha. Lemak perut dikenal dengan julukan lemak visceral yang sanggup menimbulkan peradangan sehingga muncul plak pada arteri. Bahaya lemak visceral yang lainnya adalah risiko lebih besar terkena penyakit seperti jantung, pembuluh darah, diabetes, dan gangguan metabolisme.

Semua pasti tidak ingin tampil buncit bahkan menghadapi banyak resiko penyakit berbahaya. Cara mengecikan perut buncit ada banyak. Pola makan sehat, diet, dan hidrasi merupakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebuncitan. Gaya hidup dengan menghindari konsumsi natrium (garam), alkohol, dan soda serta sering berjalan kaki atau gowes dapat juga membantu mengecilkan perit buncit.

Cara lain untuk menghilangkan kebuncitan adalah dengan melakukan olahraga ringan berikut dengan konsisten setiap hari. Olahraga ringan ini pun sangat cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu atau sibuk dengan aktifitas lain.

Ada beberapa pendapat baik itu artikel ataupun video untuk mengecilkan perut buncit. Cara-cara ini biasa digunakan karena sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak alat yang ribet. Nah, bagaimana menurut Anda, bisa Anda coba atau Anda pilih olahraga yang lain.

  1. Sit Up
     situp
    Selain mengecilkan perut buncit, sit up ini dapat memperkuat otot perut Anda. Jadi selain meramping, perut Anda dapat menjadi lebih sixpack. Cara melakukan sit up adalah posisi tubuh tidur telentang dengan kaki lurus dan kedua telapak tangan menjadi bantalan. Angkat atau tarik tubuh ke depan dan posisi kaki tetap lurus. Lakukan ini minimal 50 kali tiap hari. Jika terlalu berat, minta bantuan teman atau buat penyangga untuk menjaga kaki tetap lurus saat sit up.
  2. Back Up
    back up
    Back Up merupakan kebaikan dari sit up. Back up tentunya diakukan dengan posisi tubuh tengkurap dan menggerakkan bagian atas tubuh ke atas dan ke bawah. Sama dengan sit up, lakukan ini minimal 50 kali per hari.
  3. Plank
    plank
    Plank merupakan bagian senam ringan yang paling mudah karena tidak membutuhkan gerakan lain. Anda hanya perlu memposisikan tubuh tengkurap seperti mau melakukan push up. Letakkan telapak tangan sampai siku di lantai dan angkat lutut jangan sampai menyentuh lantai. Tahan seama 60 detik.
  4. Plank Crunches
    Hampir sama dengan plank, bedanya yaitu pinggul diangkat sampai tubuh membentuk 90 derajat di bagian pinggul. Plank crunches ini dapat dilakukan 10 kali.
  5. Side Plank Crunch
    Sesuai namanya, posisi hampir sama dengan plank namun badan menghadap ke satu sisi misalnya kiri dan penyangga tubuh adalah tangan kiri dan kaki kiri. Badan diangkat sebanyak 10 kali dengan tangan kanan lurus ke atas. Ketika turut paha jangan sampai menyentuh lantai. Jika selesai lakukan dengan menghadap ke kanan.
  6. Sikap Lilin
    Kita tentunya sudah mengenal treatment ini sejak kecil. Sikp lilin dilakukan dengan berbaring telentang kemudian mengangkat kaki lurus vertikal, kemudian tubuh dan tangan menyangga tubuh. Buat tubuh semakin mendekati seperti bentuk lilin. Tahan tubuh Anda dalam posisi sikap liin minimal 15 detik. Lakukan berulan-ulang sampai 10 kali per hari.
  7. Leg Up
    Leg up hampir sama dengan posisi lilin. Bedanya adalah kedua tangan sejajar dengan badan diantai namun punggung dan kaki diangkat hingga vertikal. Ketika turun yang menempel lantai hanya bagian pinggul. Leg up juga dilakukan sebanyak 10 kali.
  8. Toe Touches
    Posisi masih sama seperti Leg Up. Namun sekarang badan membentuk 90 derajat dengan kaki vertikal dan kedua tangan mengarah ke jempol kaki. Angkat badan hingga tangan menyentuh telapak kaki. Saat tangan menyentuh telapak kaki usahakan kaki tetap lurus.
  9. 6-inches Scissors
    Sekarang posisikan telentang dengan kaki 10 cm dari lantai dan tangan di belakang kepala. Gerakkan kaki dengan posisi kaki kanan di atas dan kiri tetap bergantian. Lakukan ini minimal 20 pergantian.
  10. 10 Second 6-inch hold
    Posisi tetap sama seperti 6-inches Scissors. Hanya saja kaki tidak digerakkan dan ditahan selama 10 detik. Sama seperti sit up, teknik ini juga akan menguatkan otot perut.
  11. Roll Up
    Untuk Roll Up, posisikan tubuh telentang. Kemudian posisikan kaki membentuk sudut 90 derajat dengan menyentuh lantai. Angkat badan hingga tangan sampai menyentuh lutut. Lakukan itu minimal 10 kali tanpa kepala menyentuh lantai.
  12. Butterflies
    Posisi badan duduk, kemudian kaki diangkat namun tetep lurus (sekitar 10 cm dari lantai) dan tangan posisi terbuka. Ketika tangan ke arah lutut, lutut ditarik membentuk siku di lutut. Butterflies juga dilakukan 10 kali.

Selain 12 gerakan olahraga tersebut, masih ada banyak teknik lain seperti Reaching Oblique Crunch, Pilate Side Hip Raises, Pilate Leg Pulls Facing Up an Downs, Knee Tuck Crunches, Russian Twist, dan Two Touch Crunch. Lebih mudahnya Anda dapat melihat video dari link berikut. Link 1 dan Link 2.

Olahraga yang lain yang sangat patut dicoba adalah lari, entah di pagi hari atau sore hari. Ringan dan cukup banyak membakar kalori. Untuk lari tentunya Anda membutuhkan sepatu.
 sepatu ardiles salford
Nah, jika butuh sepatu olahraga, Anda langsung saja mengunjungi ardilesmetro.com. di website ardilesmetro ada banyak sepatu olahraga yang tentunya berkualitas dan membantu Anda menjaga kesehatan dengan berolahraga ringan namun rutin! Usir jauh perut buncit dan tetap cintai produk-produk Indonesia!